Jumat, 19 Desember 2014

LAPORAN PRAKTIKUM STATISTIK Praktikum Statistik Anova

KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya serta menganugerahkan tetesan ilmu, kesehatan, dan kekuatan sehingga laporan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Produk dapat selesai dengan baik dan lancar.
Laporan ini ditujukan kepada semua pembaca, baik dari kalangan mahasiswa, orang tua, pakar pendidik. Penyusun ucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing, serta kepada teman – teman yang telah memberi dukungan dalam penyelesaian laporan. Penyusun sadari bahwa laporan ini masih belum sempurna. Oleh karena itu komentar, saran, dan kritik yang membangun dari pembaca sangat penyusun harapkan.

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..................................................................................2
DAFTAR ISI..................................................................................................3
BAB I. PENDAHULUAN.............................................................................4
            LATAR BELAKANG.......................................................................4
            RUMUSAN MASALAH...................................................................5
            TUJUAN PRAKTIKUM....................................................................5
            STRUKTUR ISI LAPORAN STATISTIKA.....................................5
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA...................................................................6
BAB III. METODOLOGI..............................................................................7
BAB IV. DATA DAN ANALISA DATA.....................................................8
            DATA.................................................................................................8
HASIL PENGOLAHAN DATA.......................................................9
            ANALISA DATA..............................................................................11
BAB V. KESIMPULAN................................................................................14
DAFTAR PUSTAKA.....................................................................................15

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Perkembangan dunia usaha yang demikian pesat itu telah menimbulkan kehati-hatian setiap perusahaan sebagai suatu organisasi dalam memanfaatkan produknya, dimana kondisi pasar yang ada saat ini penuh dengan aneka macam produk yang ditawarkan dan juga strategi inovasi produk. Dengan memperhatikan perubahan yang terjadi di pasar atau bahkan di tingkat konsumen individual itulah sebuah perusahaan harus bisa mengambil keputusan yang tepat menegenai inovasi produk yang ditawarkan.
Perkembangan teknologi yang terjadi akhir-akhir ini ditandai dengan semakin banyaknya industri yang menghasilkan produk baik berupa barang atau jasa yang berkualitas. Banyaknya produk-produk berkualitas tersebut menimbulkan terjadi banyak persaingan antar perusahaan. Salah satu contoh adalah dalam produk permen yang banyak akan macamnya. Banyaknya macam tersebut akan menimbulkan penilain tersendiri bagi para konsumen seperti dalam halnya menilai rasa ataupun kemasan dari produk tersebut. Tingkat kepuasan konsumen terhadap barang tersebut sangat diperlukan untuk mencapai tingkat kepuasan yang diharapkan oleh konsumen.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah membahas tentang kepuasan konsumen terhadap produk tertentu
1.      Apakah ada perbedaan tingkat kepuasan konsumen?
2.      Apakah ada perbedaan antara Fhitung dengan Ftabel
3.      Seberapa besar pengaruh kualitas produk terutama mengenai kemasan dan rasa terhadap tingkat kepuasan para Mahasiswa

C.    Tujuan Praktikum
Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan tingkat kepuasan konsumen
2.       Untuk mengetahui perbedaan antara Fhitung dengan Ftabel
3.      Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk terutama mengenai kemasan dan rasa terhadap tingkat kepuasan para Mahasiswa
D.    Struktur Isi Laporan Praktikum Statistik
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I. Pendahuluan
            Latar Belakang
            Rumusan Masalah
            Tujuan Praktikum
            Stuktur Isi Laporan Statistik
BAB II. Tinjauan Pustaka
BAB III. Metodologi
BAB IV. Data Dan Analisa Data
            Data
Hasil Pengolahan Data
Analiasa Data
BAB V. Kesimpulan
Daftar Pustaka



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

Uji hipotesis merupakan statistika inferensial diaman di dalam statistik ini tidak hanya dapat menggambarakn aatau mendeskripsikan data tetapi juga dapat membuat suatu analiis data sehingga menghasilkan suatu kesimpulan berdasarkan analisis data tersebut.
Anova (Analysis of Variance) merupakan salah satu Uji Hipotesis pada Statistika Parametrik, untuk melakukan pengujian terhadap interaksi antara dua faktor dalam suatu percobaan dengan membandingkan rata-rata dari lebih dua sampel.
Angket adalah suatu alat pengumpul data yang berupa serangkaian pertanyaan tertulis yang diajukan kepada subyek untuk mendapatkan jawaban secara tertulis juga pengambilan data dapat dilakukan secara pertanyaan langsung dan tidak langsung.
Produk adalah segala sesuatu baik berupa benda maupun jasa yang ditawarkan perusahaan yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan dari pemakainya.
Kemasan adalah bagian terluar yang membungkus suatu produk dengan tujuan melindungi produk.
Rasa adalah tanggapan indra terhadap rangsangan saraf seperti manis, pahit, dan masam.
Anova (Analysis of Variancemerupakan salah satu Uji Hipotesis pada Statistika Parametrik, untuk melakukan pengujian terhadap interaksi antara dua faktor dalam suatu percobaan dengan membandingkan rata-rata dari lebih dua sampel.
Simpel random sampling merupakan sistem pengambilan sampel secara acak dengan menggunakan undian atau tabel angka random. Tabel angka random merupakan tabel yang dibuat dalamkomputer berisi angka-angka yang terdiri dari kolom dan baris, dan cara pemilihannya dilalukan secara bebas.
BAB III
METODOLOGI
A.    Alat dan Bahan
·         Aplikasi IBM SPSS Statistic 20
·         Kertas sebagai bahan kuesioner
·         Produk makanan dengan 4 merk
B.     Sumber Data
·         Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014
C.     Metode Pengambilan Sampel
·         Kita mengambil sampel data dari keusioner yang diajukan kepada mahasiswa PAI angkatan 2014
D.    Alur pengolahan Data
·         Kita mengambil data primer melalui kuesioner
·         Mengolah data dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 20
1.       Memasukkan data ke dalam SPSS secara manual
.
2.      Membuat tabel Oneway dan Post Hoc Tests
Cara:
a.       klik menu Analize > Compare Means > One – Way ANOVA
b.      Selanjutnya masukkan “Kemasan”Rasa” ke dalam Dependen List dan “Permen” ke dalam Factor
c.       klik Post Hoc kemudian muncul kotak dialog di dalam  Equal Variance Assumed klik LSD, kemudian klik Continue
d.      klik Options di dalam Statistiks pilih Descriptive, kemudian klik Continue lalu OK
3.      Mencari Ftabel
Cara: Buka aplikasi excel kemudian tulis sesuai dengan rumus yaitu =finv(α;df1;df2), setelah itu akan muncul hasilnya


BAB IV
DATA DAN ANALISA DATA
A.    DATA
DATA TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA ATAS PRODUK MAKANAN
NO
PRODUK 1,
KISS
PRODUK 2, MENTOS
PRODUK 3, RELAXA
PRODUK 4,
Zmint
kemasan
rasa
kemasan
rasa
kemasan
rasa
kemasan
rasa
1
3
3
4
4
5
3
4
4
2
2
3
2
4
4
3
3
4
3
3
3
4
4
4
3
4
5
4
4
3
3
3
4
4
3
3
5
4
3
3
3
3
3
3
4
6
5
5
3
4
5
4
4
5
7
4
3
3
3
3
3
3
4
8
4
3
4
3
4
3
4
4
9
4
5
4
4
4
4
4
3
10
4
4
4
4
4
4
4
4
11
4
4
3
4
5
4
4
4
12
4
4
3
4
5
4
4
4
13
4
4
3
3
5
4
4
3
14
4
3
3
4
2
2
3
4
15
3
4
3
3
3
4
3
5
16
3
3
3
4
4
3
4
4
17
4
4
3
4
3
4
4
5
18
4
3
3
2
4
3
4
4
19
3
3
3
3
3
3
3
3
20
3
3
3
3
3
3
3
3
21
5
4
4
5
4
4
1
1
22
4
4
3
3
3
3
4
4
23
5
5
3
4
4
2
2
3
24
3
2
3
2
3
3
3
2
25
3
3
3
3
3
3
3
3
26
5
3
4
4
4
3
4
3
27
3
3
3
3
3
3
3
3
28
4
4
4
3
4
3
4
3
29
4
4
4
4
4
4
4
4
30
4
3
4
3
4
3
4
3


Ø  Kemasan
1 = Sangat tidak menarik
2 = Tidak menarik
3 = Biasa saja
4 = Menarik
5 = Sangat menarik
Ø  Rasa
1 = Sangat tidak enak
2 = Tidak enak
3 = Biasa saja
4 = Enak
5 = Sangat Enak

B.     HASIL PENGOLAHAN DATA
1.      TABEL DESCRIPTIVE
Descriptives

N
Mean
Std. Deviation
Std. Error
95% Confidence Interval for Mean
Minimum
Maximum
Lower Bound
Upper Bound
kemasan
kiss
30
3,77
,728
,133
3,49
4,04
2
5
mentos
30
3,30
,535
,098
3,10
3,50
2
4
relaxa
30
3,77
,774
,141
3,48
4,06
2
5
Zmint
30
3,47
,730
,133
3,19
3,74
1
4
Total
120
3,58
,718
,066
3,45
3,70
1
5
rasa
kiss
30
3,50
,731
,133
3,23
3,77
2
5
mentos
30
3,47
,681
,124
3,21
3,72
2
5
relaxa
30
3,30
,596
,109
3,08
3,52
2
4
Zmint
30
3,60
,894
,163
3,27
3,93
1
5
Total
120
3,47
,733
,067
3,33
3,60
1
5




2.      TABEL ANOVA
ANOVA

Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
kemasan
Between Groups
4,825
3
1,608
3,302
,023
Within Groups
56,500
116
,487


Total
61,325
119



rasa
Between Groups
1,400
3
,467
,867
,461
Within Groups
62,467
116
,539


Total
63,867
119




3.      TABEL Post Hoc Tests ( Multiple Comparison)
Multiple Comparisons
LSD
Dependent Variable
(I) permen
(J) permen
Mean Difference (I-J)
Std. Error
Sig.
95% Confidence Interval
Lower Bound
Upper Bound
Kemasan
Kiss
mentos
,467*
,180
,011
,11
,82
relaxa
,000
,180
1,000
-,36
,36
Zmint
,300
,180
,099
-,06
,66
Mentos
kiss
-,467*
,180
,011
-,82
-,11
relaxa
-,467*
,180
,011
-,82
-,11
Zmint
-,167
,180
,357
-,52
,19
Relaxa
kiss
,000
,180
1,000
-,36
,36
mentos
,467*
,180
,011
,11
,82
Zmint
,300
,180
,099
-,06
,66
Zmint
kiss
-,300
,180
,099
-,66
,06
mentos
,167
,180
,357
-,19
,52
relaxa
-,300
,180
,099
-,66
,06
Rasa
Kiss
mentos
,033
,189
,861
-,34
,41
relaxa
,200
,189
,293
-,18
,58
Zmint
-,100
,189
,599
-,48
,28
mentos
kiss
-,033
,189
,861
-,41
,34
relaxa
,167
,189
,381
-,21
,54
Zmint
-,133
,189
,483
-,51
,24
relaxa
kiss
-,200
,189
,293
-,58
,18
mentos
-,167
,189
,381
-,54
,21
Zmint
-,300
,189
,116
-,68
,08
Zmint
kiss
,100
,189
,599
-,28
,48
mentos
,133
,189
,483
-,24
,51
relaxa
,300
,189
,116
-,08
,68
*. The mean difference is significant at the 0.05 level.
4.      Nilai Ftabel
=finv(0,05;3;116)
Hasil = 2,682809

C.     ANALISA DATA
1.      TABEL DESCRIPTIVE
Dari data diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai Mean tiap produk dilihat dari kemasan dan rasa adalah:
1.      Kemasannya adalah Kiss(0,728), Mentos(0,535), Relaxa(0,774), Zmint(0,730)
2.      Rasa adalah Kiss(0,731), Mentos(0,681), Relaxa(0,596), Zmint(0,894)
Untuk nilai standar deviation tiap produk dilihat dari kemasan dan rasa adalah:
1.      Kemasannya adalah Kiss(3,77), Mentos(3,30), Relaxa(3,77), Zmint(3,47)
2.      Rasa adalah Kiss(3,50), Mentos(3,47), Relaxa(3,30), Zmint(3,60)
Untuk nilai standar error tiap produk dilihat dari kemasan dan rasa adalah:
1.      Kemasannya adalah Kiss(0,133), Mentos(0,098), Relaxa(0,141), Zmint(0,133)
2.      Rasa adalah Kiss(0,133), Mentos(0,124), Relaxa(0,109), Zmint(0,163)
Untuk nilai total lower bound dan upper bound tiap produk dilihat dari kemasan dan rasa masing – masing adalah 3,45><3,33 dan 3,70><3,60
Untuk nilai total minimum dan maximum tiap produk dilihat dari kemasan dan rasa masing – masing adalah 1><1 dan 5><5


2.      TABEL ANOVA
Tabel anova dari SPSS ditunjukan diatas. Nampak bahwa nilai F hitung kemasan adalah 3,302 dan untuk Fhitung rasa adalah 0,867. Nilai hitung tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai F tabel, yaitu nilai F tabel sebesar 2,682809.
Hipotesis
1.      Kemasan
H0 : tidak ada perbedaan kemasan antara produk
H1 : ada perbedaan kemasan antar produk
2.      Rasa
H0 : tidak ada perbedaan rasa antara produk
H1 : ada rasa kemasan antar produk


a.       Kesimpulannya untuk kemasan
·         F hitung lebih besar dari F tabel
·         Ho ditolak karena ada perbedaan pada tingkat kemasan
b.      Kesimpulan untuk rasa
·         F hitung lebih kecil dari F tabel
·         Ho diterima karena tidak ada perbedaan pada tingkat kemasan

3.      TABEL Post Hoc Test ( Multiple Comparison )
Dari ANOVA diketahui bahwa rata – rata kualitas antar produk adalah berbeda signifikan. Uji Post Hoc di atas adalah menguji adanya perbedaan tersebut. Nampak nilai rata – rata antara pasangan.  
Sebagai contoh untuk pasangan kemasan Kiss dengan Mentos rata-rata perbedaannya adalah 0,467, sedangkan untuk pasangan Kiss dengan Relaxa adalah 0,000. Nilai p-value (sig) untuk masing-masing pasangan adalah 1,1% dan 100,%. Dalam hal ini dikatakan suatu pasangan memiliki perbedaan rata-rata yang cukup signifikan apabila p-value < a. Apabila digunakan a = 5%, maka berarti:
·         Untuk pasangan Kiss dan Mentos dari segi kemasan adalah tidak sama, karena p-value untuk pasangan ini adalah 1,1% yang bererti lebih kecil dari nilai a.
·         Untuk pasangan Relaxa dan Jet mintz dari segi rasa adalah sama, karena p-value untuk pasangan ini adalah 100% yang berarti lebih besar dari nilai a.




BAB V
KESIMPULAN
Dari berbagai data yang di dapat kuisioner yang telah dibagikan kepada 30 responden untuk menanggapi kemasan dan rasa dari produk permen memiliki perbedaan - perbedaan  yang cukup berbeda dari tiap responden. Terbukti bahwa ada responden yang menjawab kuisioner dari tingkat rasa yang menyatakan sangat enak, enak, biasa saja, tidak enak, dan sangat tidak enak. Serta menjawab kuisioner dari tingkat  kemasan yang menyatakan bahwa sangat menarik, menarik, biasa saja, tidak menarik, dan sangat tidak menarik.
Bawasanya kemasan dan rasa suatu produk permen memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda tergantung dari orang yang menilai produk terebut dan yang mengkonsumsinya, setiap konsumen pasti berbeda – beda menilai suatu produk meskipun produk tersebut berbeda, seperti halnya yang telas kami analisa diatas.



DAFTAR PUSTAKA


Astuti, Septin Puji. 2014. Modul Praktikum Statistika. Sukoharjo: IAIN Surakarta
Supangat, Andi. 2007. Statistika: Dalam Kajian Descriptive, Inferensi, dan Nonparametik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group