KATA
PENGANTAR
Segala
puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya serta
menganugerahkan tetesan ilmu, kesehatan, dan kekuatan sehingga laporan Tingkat
Kepuasan Mahasiswa Terhadap Produk dapat selesai dengan baik dan lancar.
Laporan
ini ditujukan kepada semua pembaca, baik dari kalangan mahasiswa, orang tua,
pakar pendidik. Penyusun ucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing, serta
kepada teman – teman yang telah memberi dukungan dalam penyelesaian laporan.
Penyusun sadari bahwa laporan ini masih belum sempurna. Oleh karena itu
komentar, saran, dan kritik yang membangun dari pembaca sangat penyusun
harapkan.
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR..................................................................................2
DAFTAR ISI..................................................................................................3
BAB I. PENDAHULUAN.............................................................................4
LATAR BELAKANG.......................................................................4
RUMUSAN MASALAH...................................................................5
TUJUAN PRAKTIKUM....................................................................5
STRUKTUR ISI LAPORAN STATISTIKA.....................................5
BAB II. TINJAUAN
PUSTAKA...................................................................6
BAB III. METODOLOGI..............................................................................7
BAB IV. DATA DAN
ANALISA DATA.....................................................8
DATA.................................................................................................8
HASIL PENGOLAHAN DATA.......................................................9
ANALISA DATA..............................................................................11
BAB V. KESIMPULAN................................................................................14
DAFTAR PUSTAKA.....................................................................................15
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan dunia usaha yang demikian pesat itu
telah menimbulkan kehati-hatian setiap perusahaan sebagai suatu organisasi
dalam memanfaatkan produknya, dimana kondisi pasar yang ada saat ini penuh
dengan aneka macam produk yang ditawarkan dan juga strategi inovasi produk.
Dengan memperhatikan perubahan yang terjadi di pasar atau bahkan di tingkat
konsumen individual itulah sebuah perusahaan harus bisa mengambil keputusan
yang tepat menegenai inovasi produk yang ditawarkan.
Perkembangan teknologi yang terjadi akhir-akhir ini
ditandai dengan semakin banyaknya industri yang menghasilkan produk baik berupa
barang atau jasa yang berkualitas. Banyaknya produk-produk berkualitas tersebut
menimbulkan terjadi banyak persaingan antar perusahaan. Salah satu contoh
adalah dalam produk permen yang banyak akan macamnya. Banyaknya macam tersebut
akan menimbulkan penilain tersendiri bagi para konsumen seperti dalam halnya
menilai rasa ataupun kemasan dari produk tersebut. Tingkat kepuasan konsumen
terhadap barang tersebut sangat diperlukan untuk mencapai tingkat kepuasan yang
diharapkan oleh konsumen.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan
masalah dalam makalah ini adalah membahas tentang kepuasan konsumen terhadap produk
tertentu
1. Apakah
ada perbedaan tingkat kepuasan konsumen?
2. Apakah
ada perbedaan antara Fhitung dengan Ftabel
3. Seberapa
besar pengaruh kualitas produk terutama mengenai kemasan dan rasa terhadap
tingkat kepuasan para Mahasiswa
C. Tujuan Praktikum
Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan
penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk
mengetahui ada atau tidak perbedaan tingkat kepuasan konsumen
2. Untuk mengetahui perbedaan antara Fhitung
dengan Ftabel
3. Untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk terutama mengenai kemasan
dan rasa terhadap tingkat kepuasan para Mahasiswa
D. Struktur Isi Laporan Praktikum Statistik
Kata
Pengantar
Daftar
Isi
BAB
I. Pendahuluan
Latar Belakang
Rumusan Masalah
Tujuan Praktikum
Stuktur Isi Laporan Statistik
BAB
II. Tinjauan Pustaka
BAB
III. Metodologi
BAB
IV. Data Dan Analisa Data
Data
Hasil Pengolahan Data
Analiasa Data
BAB
V. Kesimpulan
Daftar
Pustaka
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Uji
hipotesis merupakan statistika inferensial diaman di dalam statistik ini tidak hanya
dapat menggambarakn aatau mendeskripsikan data tetapi juga dapat membuat suatu
analiis data sehingga menghasilkan suatu kesimpulan berdasarkan analisis data
tersebut.
Anova (Analysis of Variance) merupakan
salah satu Uji Hipotesis pada Statistika Parametrik, untuk melakukan pengujian
terhadap interaksi antara dua faktor dalam suatu percobaan dengan membandingkan rata-rata dari lebih dua sampel.
Angket adalah
suatu alat pengumpul data yang berupa serangkaian pertanyaan tertulis yang
diajukan kepada subyek untuk mendapatkan jawaban secara tertulis juga
pengambilan data dapat dilakukan secara pertanyaan langsung dan tidak langsung.
Produk
adalah segala sesuatu baik berupa benda maupun jasa yang ditawarkan perusahaan
yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan dari pemakainya.
Kemasan adalah
bagian terluar yang membungkus suatu produk dengan tujuan melindungi produk.
Rasa
adalah tanggapan indra terhadap rangsangan saraf seperti manis, pahit, dan
masam.
Anova (Analysis
of Variance) merupakan salah satu Uji Hipotesis pada Statistika
Parametrik, untuk melakukan pengujian terhadap interaksi antara dua faktor
dalam suatu percobaan dengan membandingkan rata-rata dari lebih dua
sampel.
Simpel
random sampling merupakan sistem pengambilan sampel secara acak dengan
menggunakan undian atau tabel angka random. Tabel angka random merupakan
tabel yang dibuat dalamkomputer berisi
angka-angka yang terdiri dari kolom dan baris, dan cara pemilihannya dilalukan
secara bebas.
BAB III
METODOLOGI
A. Alat dan Bahan
·
Aplikasi IBM SPSS
Statistic 20
·
Kertas sebagai bahan
kuesioner
·
Produk makanan dengan 4
merk
B. Sumber Data
·
Mahasiswa Prodi
Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014
C. Metode Pengambilan Sampel
·
Kita mengambil sampel
data dari keusioner yang diajukan kepada mahasiswa PAI angkatan 2014
D. Alur pengolahan Data
·
Kita mengambil data primer
melalui kuesioner
·
Mengolah data dengan
menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 20
1. Memasukkan data ke dalam SPSS secara
manual
.
2. Membuat tabel Oneway dan Post Hoc Tests
Cara:
a. klik menu Analize > Compare
Means > One – Way ANOVA
b. Selanjutnya masukkan “Kemasan”Rasa” ke dalam Dependen List dan
“Permen” ke dalam Factor
c. klik Post Hoc kemudian muncul kotak dialog di dalam Equal Variance Assumed klik LSD, kemudian
klik Continue
d. klik Options di dalam Statistiks pilih Descriptive, kemudian
klik Continue lalu OK
3. Mencari Ftabel
Cara: Buka aplikasi excel kemudian tulis sesuai dengan rumus yaitu
=finv(α;df1;df2), setelah itu akan muncul hasilnya
BAB IV
DATA DAN ANALISA DATA
A. DATA
DATA TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA ATAS PRODUK MAKANAN
NO
|
PRODUK 1,
KISS
|
PRODUK 2, MENTOS
|
PRODUK 3,
RELAXA
|
PRODUK 4,
Zmint
|
||||
kemasan
|
rasa
|
kemasan
|
rasa
|
kemasan
|
rasa
|
kemasan
|
rasa
|
|
1
|
3
|
3
|
4
|
4
|
5
|
3
|
4
|
4
|
2
|
2
|
3
|
2
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
5
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
5
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
6
|
5
|
5
|
3
|
4
|
5
|
4
|
4
|
5
|
7
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
8
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
9
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
10
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
11
|
4
|
4
|
3
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
12
|
4
|
4
|
3
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
13
|
4
|
4
|
3
|
3
|
5
|
4
|
4
|
3
|
14
|
4
|
3
|
3
|
4
|
2
|
2
|
3
|
4
|
15
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
5
|
16
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
17
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
5
|
18
|
4
|
3
|
3
|
2
|
4
|
3
|
4
|
4
|
19
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
20
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
21
|
5
|
4
|
4
|
5
|
4
|
4
|
1
|
1
|
22
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
23
|
5
|
5
|
3
|
4
|
4
|
2
|
2
|
3
|
24
|
3
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
2
|
25
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
26
|
5
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
27
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
28
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
29
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
30
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
Ø Kemasan
1 = Sangat tidak menarik
2 = Tidak menarik
3 = Biasa saja
4 = Menarik
5 = Sangat menarik
Ø Rasa
1 = Sangat tidak enak
2 = Tidak enak
3 = Biasa saja
4 = Enak
5 = Sangat Enak
B. HASIL PENGOLAHAN DATA
1. TABEL DESCRIPTIVE
Descriptives
|
|||||||||
N
|
Mean
|
Std.
Deviation
|
Std.
Error
|
95%
Confidence Interval for Mean
|
Minimum
|
Maximum
|
|||
Lower
Bound
|
Upper
Bound
|
||||||||
kemasan
|
kiss
|
30
|
3,77
|
,728
|
,133
|
3,49
|
4,04
|
2
|
5
|
mentos
|
30
|
3,30
|
,535
|
,098
|
3,10
|
3,50
|
2
|
4
|
|
relaxa
|
30
|
3,77
|
,774
|
,141
|
3,48
|
4,06
|
2
|
5
|
|
Zmint
|
30
|
3,47
|
,730
|
,133
|
3,19
|
3,74
|
1
|
4
|
|
Total
|
120
|
3,58
|
,718
|
,066
|
3,45
|
3,70
|
1
|
5
|
|
rasa
|
kiss
|
30
|
3,50
|
,731
|
,133
|
3,23
|
3,77
|
2
|
5
|
mentos
|
30
|
3,47
|
,681
|
,124
|
3,21
|
3,72
|
2
|
5
|
|
relaxa
|
30
|
3,30
|
,596
|
,109
|
3,08
|
3,52
|
2
|
4
|
|
Zmint
|
30
|
3,60
|
,894
|
,163
|
3,27
|
3,93
|
1
|
5
|
|
Total
|
120
|
3,47
|
,733
|
,067
|
3,33
|
3,60
|
1
|
5
|
2. TABEL ANOVA
ANOVA
|
||||||
Sum of Squares
|
df
|
Mean Square
|
F
|
Sig.
|
||
kemasan
|
Between
Groups
|
4,825
|
3
|
1,608
|
3,302
|
,023
|
Within
Groups
|
56,500
|
116
|
,487
|
|||
Total
|
61,325
|
119
|
||||
rasa
|
Between
Groups
|
1,400
|
3
|
,467
|
,867
|
,461
|
Within
Groups
|
62,467
|
116
|
,539
|
|||
Total
|
63,867
|
119
|
3. TABEL Post Hoc Tests ( Multiple Comparison)
Multiple Comparisons
|
|||||||
LSD
|
|||||||
Dependent Variable
|
(I) permen
|
(J) permen
|
Mean Difference (I-J)
|
Std. Error
|
Sig.
|
95% Confidence Interval
|
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
||||||
Kemasan
|
Kiss
|
mentos
|
,467*
|
,180
|
,011
|
,11
|
,82
|
relaxa
|
,000
|
,180
|
1,000
|
-,36
|
,36
|
||
Zmint
|
,300
|
,180
|
,099
|
-,06
|
,66
|
||
Mentos
|
kiss
|
-,467*
|
,180
|
,011
|
-,82
|
-,11
|
|
relaxa
|
-,467*
|
,180
|
,011
|
-,82
|
-,11
|
||
Zmint
|
-,167
|
,180
|
,357
|
-,52
|
,19
|
||
Relaxa
|
kiss
|
,000
|
,180
|
1,000
|
-,36
|
,36
|
|
mentos
|
,467*
|
,180
|
,011
|
,11
|
,82
|
||
Zmint
|
,300
|
,180
|
,099
|
-,06
|
,66
|
||
Zmint
|
kiss
|
-,300
|
,180
|
,099
|
-,66
|
,06
|
|
mentos
|
,167
|
,180
|
,357
|
-,19
|
,52
|
||
relaxa
|
-,300
|
,180
|
,099
|
-,66
|
,06
|
||
Rasa
|
Kiss
|
mentos
|
,033
|
,189
|
,861
|
-,34
|
,41
|
relaxa
|
,200
|
,189
|
,293
|
-,18
|
,58
|
||
Zmint
|
-,100
|
,189
|
,599
|
-,48
|
,28
|
||
mentos
|
kiss
|
-,033
|
,189
|
,861
|
-,41
|
,34
|
|
relaxa
|
,167
|
,189
|
,381
|
-,21
|
,54
|
||
Zmint
|
-,133
|
,189
|
,483
|
-,51
|
,24
|
||
relaxa
|
kiss
|
-,200
|
,189
|
,293
|
-,58
|
,18
|
|
mentos
|
-,167
|
,189
|
,381
|
-,54
|
,21
|
||
Zmint
|
-,300
|
,189
|
,116
|
-,68
|
,08
|
||
Zmint
|
kiss
|
,100
|
,189
|
,599
|
-,28
|
,48
|
|
mentos
|
,133
|
,189
|
,483
|
-,24
|
,51
|
||
relaxa
|
,300
|
,189
|
,116
|
-,08
|
,68
|
||
*. The mean
difference is significant at the 0.05 level.
|
4.
Nilai Ftabel
=finv(0,05;3;116)
Hasil = 2,682809
C. ANALISA DATA
1. TABEL DESCRIPTIVE
Dari data diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai
Mean tiap produk dilihat dari kemasan dan rasa adalah:
1. Kemasannya adalah Kiss(0,728), Mentos(0,535), Relaxa(0,774), Zmint(0,730)
2. Rasa adalah Kiss(0,731), Mentos(0,681), Relaxa(0,596), Zmint(0,894)
Untuk nilai standar
deviation tiap produk dilihat dari kemasan dan rasa adalah:
1. Kemasannya adalah Kiss(3,77), Mentos(3,30), Relaxa(3,77), Zmint(3,47)
2. Rasa adalah Kiss(3,50), Mentos(3,47), Relaxa(3,30), Zmint(3,60)
Untuk nilai standar error
tiap produk dilihat dari kemasan dan rasa adalah:
1. Kemasannya adalah Kiss(0,133), Mentos(0,098), Relaxa(0,141), Zmint(0,133)
2. Rasa adalah Kiss(0,133), Mentos(0,124), Relaxa(0,109), Zmint(0,163)
Untuk nilai total lower
bound dan upper bound tiap produk dilihat dari kemasan dan rasa masing – masing
adalah 3,45><3,33
dan 3,70><3,60
Untuk
nilai total minimum dan maximum tiap produk dilihat dari kemasan dan rasa masing – masing adalah 1><1 dan 5><5
2. TABEL ANOVA
Tabel anova dari SPSS ditunjukan diatas. Nampak bahwa
nilai F hitung kemasan adalah 3,302 dan untuk Fhitung rasa adalah 0,867.
Nilai hitung tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai F tabel, yaitu nilai F
tabel sebesar 2,682809.
Hipotesis
1. Kemasan
H0 : tidak ada perbedaan kemasan antara produk
H1 : ada perbedaan kemasan antar produk
2. Rasa
H0 : tidak ada perbedaan rasa antara produk
H1 : ada rasa kemasan antar produk
a. Kesimpulannya untuk kemasan
·
F hitung lebih besar
dari F tabel
·
Ho ditolak karena ada
perbedaan pada tingkat kemasan
b. Kesimpulan untuk rasa
·
F hitung lebih kecil
dari F tabel
·
Ho diterima karena
tidak ada perbedaan pada tingkat kemasan
3. TABEL Post Hoc Test ( Multiple Comparison )
Dari ANOVA diketahui bahwa rata – rata kualitas antar
produk adalah berbeda signifikan. Uji Post Hoc di atas adalah menguji adanya
perbedaan tersebut. Nampak nilai rata – rata antara pasangan.
Sebagai contoh untuk pasangan kemasan Kiss dengan
Mentos rata-rata perbedaannya adalah 0,467, sedangkan untuk pasangan Kiss
dengan Relaxa adalah 0,000. Nilai p-value (sig) untuk masing-masing pasangan
adalah 1,1% dan 100,%. Dalam hal ini dikatakan suatu pasangan memiliki
perbedaan rata-rata yang cukup signifikan apabila p-value < a. Apabila
digunakan a = 5%, maka berarti:
·
Untuk pasangan Kiss
dan Mentos dari segi kemasan adalah tidak sama, karena p-value
untuk pasangan ini adalah 1,1% yang bererti lebih kecil dari nilai a.
·
Untuk pasangan Relaxa
dan Jet mintz dari segi rasa adalah sama, karena p-value untuk pasangan ini
adalah 100% yang berarti lebih besar dari nilai a.
BAB V
KESIMPULAN
Dari berbagai data yang
di dapat kuisioner yang telah dibagikan kepada 30 responden untuk menanggapi
kemasan dan rasa dari produk permen memiliki perbedaan - perbedaan yang cukup berbeda dari tiap responden.
Terbukti bahwa ada responden yang menjawab kuisioner dari tingkat rasa yang
menyatakan sangat enak, enak, biasa saja, tidak enak, dan sangat tidak enak.
Serta menjawab kuisioner dari tingkat
kemasan yang menyatakan bahwa sangat menarik, menarik, biasa saja, tidak
menarik, dan sangat tidak menarik.
Bawasanya kemasan dan
rasa suatu produk permen memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda tergantung
dari orang yang menilai produk terebut dan yang mengkonsumsinya, setiap
konsumen pasti berbeda – beda menilai suatu produk meskipun produk tersebut
berbeda, seperti halnya yang telas kami analisa diatas.
DAFTAR PUSTAKA
Astuti, Septin Puji. 2014. Modul Praktikum
Statistika. Sukoharjo: IAIN Surakarta
Supangat, Andi. 2007. Statistika: Dalam Kajian
Descriptive, Inferensi, dan Nonparametik. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group